Hajar Wakil Korea, Mutiara Ayu Sabet Gelar di Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023

pemainbulutangkisindo Tuntas sudah perhelatan turnamen bulutangkis Asia Junior 2023. Satu-satunya wakil Indonesia di nomor tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari sukses menyabet gelar juara dalam babak final di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (16/7/2023) sore WIB.

Mutiara Ayu Puspitasari menang atas wakil Korea Selatan, Kim Min Ji. Mutiara menyudahi perlawanan unggulan ke-14 itu dengan skor 21-11, 21-17.


Pebulutangkis asal Ngawi, Jawa Timur itu mengaku tidak menyangka bisa meraih gelar juara. Maklum, performa Mutiara memang sempat tak konsisten pada turnamen bulutangkis Asia Junior 2023 di nomor beregu.

Saat itu, perannya pun digantikan oleh Ruzana. Beruntung, Mutiara mampu bangkit dan tampil lebih stabil hingga meraih gelar juara.

"Senang rasanya bisa meraih kemenangan dua gim langsung dan juara di turnamen ini. Rasanya sangat luar biasa. Hal ini di luar dugaan mengingat hasilnya seperti apa yang diharapkan. Dari turnamen ini saya jadi tahu jika mau dan berusaha saya yakin bisa," ujar Mutiara Ayu Puspitasari.

"Pada laga ini saya menilai lawan terbebani dan bermain nervous. Hal itu sejatinya juga saya alami di laga ini mengingat saya juga punya beban yang sama. Sekali lagi rasanya senang bisa menjadi juara," sambungnya.


Cetak Sejarah

Keberhasilan ini membuat Mutiara Ayu mengukir sejarah sebagai pebulutangkis Indonesia pertama dari sektor tunggal putri yang pernah juara di Kejuaraan Asia Junior sejak digelar pada 1997 silam.

"Saya sendiri merasa tidak menyangka meraih gelar juara ini. Hasil ini seperti mimpi rasanya. Terima kasih kepada publik Yogyakarta yang sudah memberikan dukungan buat saya," kata Mutiara.

"Gelar juara ini saya persembahkan buat keluarga yang sudah hadir, pelatih, PBSI, dan semua orang Indonesia yang memberikan dukungan buat saya," tambah pebulutangkis berusia 17 tahun itu.

Modal Bagus

Mutiara berujar, gelar juara tersebut menjadi modal sempurna untuk menghadapi ajang yang lebih tinggi. Salah satunya BWF World Junior Championships 2023 yang berlangsung di Amerika Serikat pada 24 September hingga 8 Oktober mendatang.

"Saya mengincar gelar juara di BWF World Junior Championships 2023 setelah ini. Gelar juara di sini menjadi modal berharga buat saya untuk mengarungi turnamen Kejuaraan Dunia," tutur Mutiara.

"Saya sendiri juga masih punya satu tahun lagi di usia saya untuk meraih gelar juara Badminton Asia Junior Championships. Sebisa mungkin saya mau fokus satu-satu terlebih dahulu sebelum menatap turnamen berikutnya," lanjutnya.


Indonesia Raih 2 Perunggu

Dengan demikian, Indonesia meraih satu medali emas dan dua perunggu dari nomor perorangan Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023. Dua medali perunggu dipersembahkan tunggal putra, Alwi Farhan dan Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso di nomor ganda putra.

Alwi Farhan naik ke podium setelah kandas dari wakil China, Hu Zhe An di semifinal. Sedangkan Zidane Attauba/Kleopas Binar takluk atas Chen Yong Rui/Hu Ke Yuan di semifinal.

Sementara China keluar sebagai juara umum nomor individu dengan torehan tiga gelar juara serta dua runner up. Tunggal putra China Hu Zhe An menjadi jawara seusai mengalahkan pebulutangkis Jepang, Yudai Okimoto lewat rubber game 13-21, 21-14, 21-14.

Di sektor ganda putra, Ma Shang/Zhu Yi Jun menumbangkan kompatriotnya Chen Yong Rui/Hu Ke Yuan 19-21, 21-16, 21-13. Sementara ganda campuran, Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin juga mengalahkan rekan satu negaranya, Liao Pin Yi/Zhang Jia Han straight game 21-19, 21-18.

Adapun Jepang merebut satu gelar lewat ganda putri seusai Mei Sudo/Nao Yamakita mengalahkan Korea Selatan Park Seul/Yeon Seo Yeon dengan skor 21-19, 14-21, 23-21.

Hasil Final Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2023

  • Tunggal Putra: Hu Zhe An (China) Vs Yudai Okimoto (Jepang) 13-21, 21-14, 21-14.
  • Tunggal Putri: Mutiara Ayu Puspitasari (Indonesia) Vs Kim Min Ji (Korea Selatan) 21-11, 21-17.
  • Ganda Putra: Ma Shang Zhu Yi Jun (China) Vs Chen Yong Rui/Hu Ke Yuan (China), 19-21, 21-16, 21-14.
  • Ganda Putri: Mei Sudo/Nao Yamakita (Jepang) Vs Park Seul/Yeon Seo Yeon (Korea Selatan) 21-19, 14-21, 23-21.
  • Ganda Campuran: Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin (China) Vs Liao Pin Yi/Zhang Jia Han (China) 21-19, 21-18.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Pemain Bulutangkis Indonesia: Legenda dan Bintang Masa Depan

Hidup Sehat Bisa Makan Enak Setiap Hari